Persamaan dan Perbedaan Tujuan Negara



Kelompok 5
Nama Anggota :
1.   Dedek Tri M 
2.   Lioni 
3.   Silviana Oktaferi P
 
Indonesia
Ibu Kota                         : Jakarta
Kota Terbsar                  : Jakarta
Pemerintahan                : Republik
Presiden                         : Susilo Bambang Yudhoyono
Bahasa Resmi                : Bahasa Indonesia
Deklarasi                        : 17 Agustus 1945
Luas Daerah                  : 1,904,569 km2 (Perairan 4,85%)
Jumlah Penduduk         : 252,164,800
Pendapatan per Kapita   : $9,559
Kode Telepon                 : +62
Mata Uang                     : Rupiah

Tujuan Pendidikan        :

Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Geografi

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 13.487 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.
Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, dimana setengah populasi Indonesia bermukim. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatera dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut

Demografi

Menurut sensus penduduk 2000, Indonesia memiliki populasi sekitar 206 juta, dan diperkirakan pada tahun 2006 berpenduduk 222 juta. 130 juta (lebih dari 50%) tinggal di Pulau Jawa yang merupakan pulau berpenduduk terbanyak sekaligus pulau dimana ibukota Jakarta berada. Sebagian besar (95%) penduduk Indonesia adalah Bangsa Austronesia. Ada beberapa suku di Indonesia seperti Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau.
Selain itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas di antaranya adalah etnis Tionghoa, India, dan Arab. Mereka sudah lama datang ke Nusantara melalui perdagangan sejak abad ke 8 M dan menetap menjadi bagian dari Nusantara. Di Indonesia terdapat sekitar 4 juta populasi etnis Tionghoa. Angka ini berbeda-beda karena hanya pada tahun 1930 dan 2000 pemerintah melakukan sensus dengan menggolong-golongkan masyarakat Indonesia ke dalam suku bangsa dan keturunannya.
Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut, pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.
Kebanyakan penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu, namun bahasa resmi negara, yaitu bahasa Indonesia, diajarkan di seluruh sekolah-sekolah di negara ini dan dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia.

Finlandia

Ibu Kota                         : Helsinki
Kota Terbsar                  : Suomi
Pemerintahan                : Republik Sistem Parlementer
Presiden                         : Sauli Niinisto
Perdana Menteri             : Jyrki Katainen
Bahasa Resmi                : Finlandia Swedia
Deklarasi                        : 6 Desember 1918
Luas Daerah                  : 338.424 km2 (Perairan 10%)
Jumlah Penduduk         : 5.351.427
Pendapatan per Kapita   : $44,488
Kode Telepon                 : 358
Mata Uang                     : Euro

Tujuan Pendidikan        :

Mewujudkan high level education for all. Tujuan tersebut mengupayakan agar seluruh rakyat Finlandia dapat mengenyam pendidikan hingga tingkat tertinggi secara merata, dengan kemampuan, keahlian dan kompetensi yang baik.

Geografi

Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau; 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.
Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Åland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.
Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat.
Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

Demografi

Secara singkat, penduduk Finlandia kebanyakan terdiri dari mayoritas Suku Finn dan minoritas orang-orang Swedia Finlandia sehingga bahasa resminya adalah bahasa Finlandia dan Swedia. Bahasa minoritas lainnya adalah bahasa Rusia dan Estonia.
Populasi Finlandia kebanyakan berpusat di daerah selatan. Kota-kota di daerah itu adalah Daerah Metropolitan Helsinki yang mencakup Helsinki, Espoo, dan Vantaa. Kota-kota lainnya adalah Tampere, Turku, Oulu, Lahti, Kuopio dan Jyväskylä.

Canada

Ibu Kota                         : Ottawa
Kota Terbsar                  : Toronto
Pemerintahan                : Monarki Konstitusional sistem Parlementer
Ratu                               : Elizabeth II
Perdana Menteri             : Stephen Harper
Bahasa Resmi                : Inggris dan Perancis
Deklarasi                        : 11 Desember 1931
Luas Daerah                  : 9,984,670 km2 (Perairan 8,92%)
Jumlah Penduduk         : 35,540,419
Pendapatan per Kapita   : $44,656
Kode Telepon                 : 3166 CA
Mata Uang                     : Dollar Canada
Tujuan Pendidikan        :
Tanggung jawab provinsi dibawah undang – undang. Pendidikan yang lebih mementingkan gelar dengan segudang ilmunya untuk dijadikan pakar atau peneliti disekitar pemerintahan Kanada dengan semua biaya hidup dan pendidikan ditanggung oleh pemerintah.

Geografi

Canada adalah sebuah negara yang menempati sebelah utara bagian Amerika Utara, dengan daerah perbatasan yang berdampingan dengan negara kesatuan bagian selatan (yang merupakan batasan antara dua negara di dunia) dan negara kesatuan Alaska dibagian timur.
Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia. Namun, jika ditinjau dari luasnya daratan, Kanada menempati urutan keempat di dunia. Hukum adalah pendidikan yang paling mencuat di negara ini dengan Mc Gill sebagai universitas terbesar dan tertua di Kanada.
Kanada bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam membangun dan memproduksi tentara yang ahli pertahanan, handal dan professional. Stephen Poloz merupakan pusat Bank yang ada di Kanada. Bank ini hampir sepenuhnya berperan dalam proses perekonomian di negara tersebut.

Demografi

Penduduk di Kanada yang mencapai angka 35,540,419  pada tahun 2014 mengakibatkan pesatnya peran pemerintah dalam memajukan warga negaranya. Di negara ini pendidikan sangat di junjung tinggi keberadaanya. Itulah mengapa mahasiswa internasional memilih Kanada sebagai tujuan mencari ilmu selain  Pendidikan yang bermutu dan gelar yang diakui secara internasional sehingga mudah untuk meniti karir bagi para lulusannya, suasana dan lingkungan yang multikultural dan ramah sehingga membuat para siswa asing merasa betah, biaya pendidikan dan biaya hidup yang relatif terjangkau dan negara yang paling rendah tingkat kriminalnya.

Bagi yang akan meneruskan jenjang kuliahnya di Kanada diuapayakan agar lancar berbahasa Inggris dan Prancis. Hal ini karena universitas-universitas yang ada di Kanada memakai kedua bahasa tersebut sebagai bahasa resmi pemerintahannya.

Bahkan hampir semua universitas di Kanada memakai bahasa Prancis sebagai persyaratan masuknya dan hanya ada tiga universitas yang memakai Inggris yaitu McGill University,  University of British Columbia dan Toron



Amerika Serikat

Ibu Kota                         : Washington D.C
Kota Terbsar                  : New York City
Pemerintahan                : Republik, dua partai, Parlemen, Presindesial
Presiden                         : Barrack Obama
Wakil Presiden               : Joe Biden
Bahasa Resmi                : Inggris
Deklarasi                        : 4 Juli 1776
Diakui                            : 3 September 1783
Konstitusi                      : 21 Juni 1788
Luas Daerah                  : 9.826.675 km2 (Perairan 6,76%)
Jumlah Penduduk         : 315.585.000
Pendapatan per Kapita   : $49.601
Kode Telepon                 : 3166 US
Mata Uang                     : Dollar Amerika Serikat

Tujuan sistem pendidikan di Amerika antara lain :
  1. untuk mencapai kesatuan dalam kebhinekaan
  2. untuk mengembangkan cita-cita dan praktek demokrasi
  3. untuk membantu pengembangan individu
  4. untuk memperbaiki kondisi sosial masyarakat
  5. untuk mempercepat kemajuan nasional
Geografi

Luas wilayah daratan utama Amerika Serikat adalah 2.959.064 mil² (7,663,941 km2). Amerika Serikat adalah negara terluas ketiga atau keempat di dunia (menurut luas daratan dan perairan), di bawah Rusia dan Kanada serta satu tingkat di atas atau di bawah RRC.
Pegunungan Rocky terletak di tepi barat Great Plains, membentang dari utara ke selatan di seluruh negara, dengan ketinggian lebih dari 14.000 kaki (4.300 m) di Colorado. Di sebelah baratnya lagi, terdapat Great Basin dan padang gurun seperti Chihuahua dan Mojave. Pegunungan Sierra Nevada dan Cascade terletak di sepanjang pesisir Pasifik, keduanya memiliki tinggi lebih dari 14.000 kaki.
Titik terendah dan tertinggi di Amerika Serikat daratan berada di negara bagian California, keduanya hanya berjarak 80 mil. Dengan ketinggian 20.320 kaki (6.194 m), Gunung McKinley di Alaska adalah puncak tertinggi di Amerika Serikat dan di Amerika Utara. Gunung api aktif umumnya terdapat di Alaska, misalnya di Kepulauan Alexander dan Aleutian. Hawaii juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Supervulkan yang mendasari terbentuknya Taman Nasional Yellowstone adalah situs vulkanis terbesar yang terdapat di Amerika Serikat.

Demografi

Biro Sensus Amerika Serikat memperkirakan bahwa penduduk negara itu sekarang berjumlah 315.585.000 jiwa termasuk 11,2 juta warga negara asing yang diperkirakan menetap secara ilegal. Populasi AS membengkak hampir empat kali lipat di sepanjang abad ke-20, dari sekitar 76 juta jiwa pada tahun 1900. Jumlah ini menjadikan AS sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia setelah RRC dan India. Di antara ketiga negara ini, AS adalah satu-satunya negara industri yang peningkatan besar-besaran populasinya dapat diproyeksikan.
Amerika Serikat adalah negara yang sangat multietnik; terdapat tiga puluh satu kelompok keturunan yang masing-masingnya memiliki lebih dari satu juta anggota.Kulit putih Amerika adalah kelompok ras terbesar di AS, yang paling banyak adalah Jerman-Amerika, Irlandia-Amerika, dan Inggris-Amerika. Kulit hitam Amerika adalah kelompok ras minoritas terbesar dan kelompok keturunan terbesar ketiga, dengan persentase 12,6% dari total populasi. Di bawahnya ada Asia-Amerika sebagai kelompok ras minoritas terbesar kedua, yang paling banyak adalah keturunan Tionghoa-Amerika dan Filipina-Amerika.
Pada 2010, sekitar 5,2 juta penduduk AS diperkirakan adalah Indian Amerika atau penduduk asli Alaska (2,9 juta) dan sekitar 1,2 juta jiwa adalah penduduk asli Hawaii atau pemukim Pasifik (0,5 juta). Hasil sensus juga menemukan bahwa lebih dari 19 juta jiwa penduduk berasal dari "ras lainnya" yang tidak bisa dikategorikan ke dalam "lima ras resmi pada 2010".

Jepang

Ibu Kota                         : Tokyo
Kota Terbsar                  : Tokyo
Pemerintahan                : Monarki Konstitusional sistem Parlementer
Kaisar                            : Akihito
Perdana Menteri             : Shinzo Abe
Bahasa Resmi                : Bahasa Jepang
Hari Pendirian Negara    : 11 Februari 660 SM
Konstitusi Meiji              : 29 November 1890
Konstitusi Jepang          : 3 Mei 1947
Luas Daerah                  : 377,944 km2 (Perairan 0,8%)
Jumlah Penduduk         : 127.530.000
Pendapatan per Kapita   : $38.457
Kode Telepon                 : +81
Mata Uang                     : Yen

Tujuan pendidikan        :

1.   mengembangkan kepribadian setiap individu secara utuh.
2.   Berusaha keras mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik pikiran maupun jasmani.
3.   Mengajarkan kepada setiap siswa agar senantiasa memelihara keadilan dan kebenaran.

Geografi

Jepang memiliki lebih dari 3.000 pulau yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di 
timur benua Asia. Istilah Kepulauan Jepang merujuk kepada empat pulau besar, dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta Kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Sekitar 70% hingga 80% dari wilayah Jepang terdiri dari pegunungan yang berhutan-hutan,dan cocok untuk pertanian, industri, serta permukiman. Daerah yang curam berbahaya untuk dihuni karena risiko tanah longsor akibat gempa bumi, kondisi tanah yang lunak, dan hujan lebat. Oleh karena itu, permukiman penduduk terpusat di kawasan pesisir. Jepang termasuk salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik. Gempa bumi yang merusak sering menyebabkan tsunami. Setiap abadnya, di Jepang terjadi beberapa kali tsunami.Gempa bumi besar yang terjadi akhir-akhir ini di Jepang adalah Gempa bumi Chūetsu 2004 dan Gempa bumi besar Hanshin tahun 1995. Keadaan geografi menyebabkan Jepang memiliki banyak sumber mata air panas, dan sebagian besar di antaranya telah dibangun sebagai daerah tujuan wisata.[40]

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis. Iklim juga dipengaruhi tiupan angin musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas.

Demografi

Populasi Jepang diperkirakan sekitar 127,614 juta orang (perkiraan 1 Februari 2009).[Kewarganegaraan Jepang diberikan kepada bayi yang dilahirkan dari ayah atau ibu berkewarganegaraan Jepang, ayah berkewarganegaraan Jepang yang wafat sebelum bayi lahir, atau bayi yang lahir di Jepang dengan ayah/ibu tidak diketahui/tidak memiliki kewarganegaraan.Pada tahun 2006, tingkat harapan hidup di Jepang adalah 81,25 tahun, dan merupakan salah satu tingkat harapan hidup tertinggi di dunia.
Lebih dari 99% penduduk Jepang berbicara bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Bahasa Jepang adalah bahasa aglutinatif dengan tuturan hormat (kata honorifik) yang mencerminkan hirarki dalam masyarakat Jepang. Pemilihan kata kerja dan kosa kata menunjukkan status pembicara dan pendengar. Menurut kamus bahasa Jepang Shinsen-kokugojiten, kosa kata dari Cina berjumlah sekitar 49,1% dari kosa kata keseluruhan, kata-kata asli Jepang hanya 33,8% dan kata serapan sekitar 8,8%. Bahasa Jepang ditulis memakai aksara kanji, hiragana, dan katakana, ditambah huruf Latin dan penulisan angka Arab. Masyarakat Jepang hanya diperbolehkan mempelajari bahasa Jepang dan Bahasa inggris disekolahnya.

Turki

Ibu Kota                         : Ankara
Kota Terbsar                  : Istanbul
Pemerintahan                : Republik negara kesatuan, parlemen konstitusional
Presiden                         : Abdullah Gun
Perdana Menteri             : Recep Tayyip Erdoğan
Bahasa Resmi                : Bahasa Turki
Deklarasi                        : 29 Oktober 1923 
Luas Daerah                  : 783.562 km2  (Perairan 1,3%)
Jumlah Penduduk         : 76,667,864
Pendapatan per Kapita   : $10,666[
Kode Telepon                 : 358
Mata Uang                     : Lira Turki

Tujuan pendidikan        :

1.   Untuk mendidik siswa yang produktif.
2.   Menjadikan individu berpandangan luas pada urusan global dan menciptakan rasa nasionalisme.
3.   Memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan.

Geografi

Bangsa Turki mulai bermigrasi ke daerah yang dinamakan Turki pada abad ke-11. Proses migrasi ini semakin dipercepat setelah kemenangan Seljuk melawan Kekaisaran Bizantium pada pertempuran Manzikert. Beberapa Beylik (Emirat Turki) dan Kesultanan Seljuk Rûm memerintah Anatolia sampai dengan invasi Kekaisaran Mongol. Mulai abad ke-13, beylik-beylik Ottoman menyatukan Anatolia dan membentuk kekaisaran yang daerahnya merambah kebanyakan Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara. Setelah Kekaisaran Utsmaniyah runtuh setelah kalah pada Perang Dunia I, sebagian wilayahnya diduduki oleh para Sekutu yang memenangi PD I. Mustafa Kemal Atatürk kemudian mengorganisasikan gerakan perlawanan melawan Sekutu. Pada tahun 1923, gerakan perlawanan ini berhasil mendirikan Republik Turki Modern dengan Atatürk menjabat sebagai presiden pertamanya.
Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur tanah di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang semakin tumbuh.
Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu. Turki telah berangsur-angsur bergabung dengan Barat sementara di saat yang sama menjalin hubungan dengan dunia Timur. Negara ini merupakan salah satu anggota pendiri PBB

Demografi

Dahulu kala Turki biasa disebut dengan semenanjung Anatolia. Semenanjuang Anatolia adalah salah satu wilayah berpenduduk yang tertua di dunia. Berbagai populasi Anatolia kuno menetap di Anatolia, dimulai pada periode Neolitikum hingga ditaklukkan oleh Alexander Agung. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Anatolia, cabang bahasa dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Bahkan, para peneliti telah mengusulkan Anatolia sebagai pusat hipotesis, di mana bahasa Indo-Eropa menyebar.

Bagian wilayah Turki di Eropa disebut Trakia Timur. Wilayah ini tidak berpenduduk sejak empat ribu tahun yang lalu, dan memasuki masa Neolithikum sekitar tahun 6000 SM dengan penduduknya yang mulai bercocok tanam. Catatan penduduk Anatolia yang paling awal adalah Bangsa Hatti dan Bangsa Huri.

0 komentar:

Posting Komentar